Pengertian public relation
Public relation adalah salah
satu dari elemen penting dalam kegiatan marketing mix dan lebih spesifik masuk
dalam komponen promosi mix, bagi seorang
pembisnis atau pemilik perusahaan menggunakan strategi promosi mix pada bagian
public relation sangatlah penting dalam membangun citra positif atau pandangan
baik dari masyarakat secara luat terhadap perusahaan yang bersangkuan. Istilah
untuk membangun citra baik dengan masyarakat inilah yang di sebut dengan public
relation.
Pengertian public relation secara garis
besar adalah srategi perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan public
agar bisa mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di
sekitarnya.
Baca :
pengertian marketing
mix
Sedangkan pengertian public relation menurut para
ahli berikut akan kami hadirkan beberapa pendapat para pakar manajemen
pemasaran terkait dengan pengertian public relation:
Bettrand r canfield, 1964, hal 4 :
public relations adalah fungsi manajemen dimana manajemen mengevaluasi
perilaku masyarakat, mengidentifikasi dan mencari tahu minat masyarakat
kemudian menyusun program dan melaksanakannya untuk menciptakan pengertian di
masyaraka
Ada beberapa sarana atau media public relation yang
bisa di manfaatkan oleh perusahaan atau kalangan pembisnis yang ingin membangun
public relation secara baik diantaranya :
- Koran & majalah
- Konferensi pers
- Acara yang disponsori
- Siaran pers
- Bantuan ahli untuk tujuan public relation
- Mengadakan acara social
- Memanfaatkan media tv,radio agar bisa menceritakan citra baik perusahaan.
Dalam public relation ada istilah yang di kenal dengan
publisitas untuk membangun sebuah citra terkadang perusahaan tidak harus
memintanya dalam pulisitas ini, karena biasanya mereka bersifat spontanitas.
Namun kita sebagai pemilik atau pengelola perusahaan harus berhati – hati
terhadap publisitas ini.
Publisitas adalah manifestasi spontan penerbitan
informasi positif, tidak diprakarsai oleh perusahaan. Publisitas dianggap
sebagai bagian dari hubungan masyarakat, karena berfungsi untuk tujuan bersama.
Publisitas ditunjukkan melalui berita, cerita, kolom surat kabar, komentar editor
dan lain sebagainya. Sayangnya, ada publikasi negatif juga. Pemberitaan yang
bersifat negatif, artikel atau komentar yang publikasikan secara spontan oleh
media jika kita tidak jeli mengontrol perusahaan kita maka bisa jadi yang
tersiarkan kepada masyarakat atau public adalah hal – hal negative.
System public raltion yang mendapatkan publisitas
negative akan berdampak pada penurunan penjualan atau nama baik sebuah
prusahaan, hal ini bisa saja karena hal yang sepele, seperti keasan produk yang
rusak, gambar yang tidak menarik dan tidak sesuai, atau juga ada mengandung hal
– hal yang menyebabkan kerugian bagi konsumen.
Untuk menyikapi publisitas negative ataupun positif
pihak perusahaan harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan para
penggerak media seperti koran, majalah, televise berita dll. Agar mereka tidak
sembarangan menyebarkan informasi terkait perusahaan kita sehingga akan
mempengaruhi opini public secara luas dan cepat. Jika anda bisa menggait pihal
media secara baik maka mereka akan berada di bawah kendali anda ketika ingin
meng ekspose berita tentang citra perusahaan milik anda.
Sangat penting sekali untuk memperhatikan system
marketing public relation
bagi perusahaan kita, karena kita tidak akan bisa bergerak dengan mulus untuk
memajukan perusahaan apabila hubungan dengan masyarakat luas tidak terjalin
dengan baik, baik untuk mendapatkan citra, opini positif dan juga untuk menjaga
keamanan perusahaan kita berada di tengah – tengah masyarakat. Perusahaan yang
bisa membangun hubungan baik atau public relation secara professional akan
mampu mendapatkan dukungan penuh dari kalangan public baik di dalam maupun dari
luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar